Sabtu, 02 Februari 2013

Kisah Jack Daughery



Kisah Jack Daughery
“Ketika saya masih kanak-kanak,” kenang Jack Daughery, “saat saya memetik buah ceri sepuluh jam sehari di tengah terik matahari musim panas, saya ingat bahwa saya membenci para tuah kebun yang gemuk-gemuk dan berpakaian perlente beserta mandor-mandor lapangan mereka. Dan ketika saya melihat anak-anak mereka yang manis-manis menaiki kuda poni melintasi kebun-kebun itu, saya membenci diri saya sendiri karena baju saya yang sudah rombeng dan wajah saya yang kotor. Dan bila kemudian saya banyak memikirkan Tuhan kembali, barangkali saya juga akan membenci-Nya juga lantaran ketidakadilan dan ketimpangan yang menimpa orang tua saya dan saya sendiri selama masa kanak-kanak saya.”
Pada umur empat belas tahun, Jack pergi bekerja dengan orang tuanya di sebuah pabrik pemrosesan kentang di Grand View, Washington. “Pekerjaan saya yang pertama adalah mencabuti rumput di ladang yang ada di sekitar saluran air yang terbuat dari kayu,” begitu kenangnya. “Tikus dan ular derik bersembunyi di bawah tempat air dari kayu yang panjang itu. Setiap kali saya menjulurkan tangan ke dalam untuk memungut rumput dan sampah, saya khawatir jangan-jangan seekor tikus akan menggigit jari saya sampai putus atau seekor ular derik akan menancapkan taringnya ke tangan saya.
Pada waktu saya berumur lima belas tahun, saya dapat mengangkat kantong kentang seberat seratus pon di atasbahu saya dan melemparkannya ke dok pemuatan barang. Akhirnya setelah bekerja di setiap posisi di dalam dan di sekitar ladang kentang dan pabrik pemrosesan itu, para pemiliknya mengangkat saya menjadi manager. Tak lama kemudian saya menikahi Rita, putri seorang petani yang dibesarkan di ladang-ladang Nebraska.
Menjadi manajer pabrik itu merupakan suatu pencapaian yang jauh melampaui harapan apa pun yang dimiliki keluarga saya terhadap saya. Dan saya mengelola pabrik itu seolah-olah saya memilikinya sendiri. Saya datang lebih awal dan pulang lebih lambat. Sewaktu orang lain berbondong-bondong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar